Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung positif knowledge sharing dan organizational citizen behavior terhadap kinerja tugas guru SDN Gugus 4 di Kecamatan Ciledug. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan path analysis. Kuesioner dipergunakan untuk menjaring data tentang knowledge sharing, organizational citizen behavior, dan kinerja tugas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SDN Gugus 4 di Kecamatan Ciledug. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 orang guru dari 174 orang guru sebagai populasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh langsung positif knowledge sharing terhadap kinerja tugas, dengan persamaan regresi X 3= 57,53 + 0,40X1 diperoleh koefisien korelasi (r13) = 0,5040 dengan koefisien jalur þ31 = 0,2544, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi knowledge sharing maka semakin tinggi pula kinerja tugas, (2) Terdapat pengaruh langsung positif organizational citizen behavior terhadap kinerja tugas, dengan persamaan regresi X3 = 34,21+ 0,66X2 diperoleh koefisien korelasi (r23) = 0,4525 dengan koefisien jalur þ32 = 0,3396 , dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi organizational citizen behavior maka akan semakin tinggi pula kinerja tugas. (3) Terdapat pengaruh langsung positif knowledge sharing terhadap organizational citizen behavior, dengan persamaan regresi X 2 = 61,13 + 0,33X1 diperoleh koefisien korelasi (r12) = 0,4436 dengan koefisien jalur þ21 = 0,4436, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi knowledge sharing maka semakin tinggi pula organizational citizen behavior. Sesuai hasil penelitian, maka untuk meningkatkan kinerja tugas perlu adanya perbaikan dan peningkatan knowledge sharing guru yang juga ditunjang dengan perbaikan dan peningkatan organizational citizen behavior.