Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil evaluasi program Pengawas Sekolah Taman Kanak-Kanak Islam Al Fajr di Kecamatan Periuk Kota Tangerang berdasarkan model evaluasi kesenjangan atau discrepancy evaluation model (DEM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi menggunakan model evaluasi kesenjangan atau Discrepancy evaluation model (DEM). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian evaluasi ini bersumber dari data primer dan data sekunder melalui teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan standard evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi program Pengawas Sekolah TK Islam Al Fajr dengan Discrepancy Evaluation Model pada tahap desain, pelaksanaan rancangan program supervisi di TK Islam Al Fajr Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilakukan untuk kemajuan sekolah di TK Islam Al Fajr Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Pada tahap instalasi, peninjauan program supervisi yang berjalan dilakukan Kepala Sekolah di TK Islam Al Fajr Kecamatan Periuk Kota Tangerang dilakukan untuk menyesuai program supervisi dengan kebutuhan sekolah sesuai perubahan yang ada. Pada tahap proses penilaian terhadap kinerja Guru, Kepala Sekolah memberikan hasil supervisi secara perorangan kepada para guru dan memberi pemahaman kepada guru tentang pencapaian kinerja Guru. Pada tahap Pengukuran Tujuan Program diketahui bahwa meskipun sudah ada solusi yang ditetapkan dan yang telah dipakai untuk memperbaiki kebutuhan sekolah dalam hal supervisi. Kendala evaluasi pelaksanaan program pengawas sekolah terhadap kinerja kepala TK Islam Al Fajr dalam mendukung mutu terjadi karena kendala individu yakni kendala-kendala yang terjadi oleh guru yang bersangkutan maupun kendala yang terjadi karena alam dan kendala klasikal yakni kendala-kendala yang terjadi ketika terdapat kegiatan yang diselenggarakan oleh pengawas bersama semua guru-guru.