Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program baca tulis al-Qur’an dalam mendukung baca al-Qur’an siswa di SDIT Al Istiqomah II Kota Tangerang dan memberikan rekomendasi peningkatan kualitas program baca al-Qur’an siswa di SDIT al Istiqomah II kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model evaluasi ketimpangan (discrepancy model evaluation). Penggunaan model evaluasi tersebut dipilih untuk meneliti adanya kesenjangan antara standar dengan pelaksanaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan di SDIT Al Istiqomah II Kota Tangerang
menggunakan metode iqro karangan KH. As’ad Humam yang terdiri dari 6 jilid.
Pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan di SDIT Al Istiqomah II Kota Tangerang memiliki kesenjangan di dalam pelaksanaannya. Kesenjangan ada pada ketersediaan alokasi waktu yang masih minim, kompetensi sumber daya manusia sudah cukup baik tetapi jumlah guru dan siswa tidak proporsional pada level tertentu. Partisipasi orang tua juga perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pengawasan belajar baca al-Qur’an di rumah. Sehingga pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan efektif sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kesenjangan. Dengan penelitian ini, diharapkan program baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan lebih efektif dan berkualitas lagi, terutama kaitannya dalam mencetak generasi qur’ani.
|