Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk
mendapatkan gelar Magister Pendidikan dan untuk membuktikan besarnya pengaruh dari variable yang diteliti. Variabel yang ditetliti mengenai (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1), (2) motivasi berprestasi guru (X2), (3) kompensasi guru (X3), (4) kepuasan kerja guru (X4) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah survey dengan desain korelasional dan analisis jalur (Path analisis). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri se-Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan yang berjumlah 206 orang. Hasil perhitungan dengan rumus slovin diperoleh sebanyak 136 orang guru sebagai sampel penelitian dan ditetapkan 30 orang guru sebagai sampel uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah dengan cara memberikan kuisioner kepada populasi untuk dijadikan sebagai sample
secara proporsional (Propotional random sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan kooefisien korelasi (r14) sebesar 0,754 dan kooefisien jalur (𝑝41) sebesar 0,781; Motivasi berprestasi guru dengan kooefisien korelasi sebesar (r24) sebesar 0,642 dan kooefisien jalur (𝑝42) sebesar 0,952; Kompensasi Guru dengan kooefisien korelasi (r34) sebesar 0,802 dan kooefisien jalur (𝑝43) sebesar 0,590. Ketiga variable tersebut memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri sekecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan kooefisien korelasi (r13) sebesar 0,756 dan kooefisien jalur (𝑝31)sebesar 0,435 dan Motivasi Berprestasi dengan kooefisien korelasi (r23) sebesar 0,778 dan kooefisien
jalur (r23) sebesar 0,224 memiliki pengaruh terhadap Kompensasi Guru. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah memiliki pengaruh terhadap Motivasi Berprestasi Guru dengan kooefisien korelasi (r12) sebesar 0,754 dan kooefisien jalur 𝑝21sebesar 0,754.
|