Gina Intana Dewi, Hubungan antara Iklim Kerja dan Profesionalitas Guru dengan Kualitas Pelayanan Sekolah SMA Negeri di Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kerja dengan kualitas pelayanan sekolah, mengetahui hubungan antara profesionalitas guru dengan kualitas pelayanan sekolah, mengetahui hubungan antara iklim kerja dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan sekolah SMA Negeri di Kecamatan Ciputat KotaTangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey di empat SMA Negeri di Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, variabel-variabel yang diteliti adalah Iklim Kerja (X1), Profesionalitas Guru (X2) dan Kualitas Pelayanan Sekolah (Y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah 132 orang Guru PNS, sedangkan sampelnya adalah sebanyak 99 orang guru PNS. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan positif dan signifikan antara Iklim Kerja dan Profesionalitas Guru dengan Kualitas Pelayanan Sekolah yang ditandai dengan koefisien korelasi ( ) sebesar 0,607 dengan ? = 0,05 yang mempunyai makna bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Iklim Kerja dan Profesionalitas Gurudengan Kualitas Pelayanan Sekolah. Koefisien determinasi ( ) sebesar 0,369 mempunyai makna bahwa 36,9% merupakan besarnya kontribusi variabel Iklim Kerja dan Profesionalitas Guru secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah. Sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya. Sementara itu, persamaan garis regresi = 26,6 + 0,414 X1 + 0,509 X2, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa kenaikan satu unit skor pada Iklim Kerja dan Profesionalitas Guru, akan diikuti oleh kenaikan skor Kualitas Pelayanan Sekolah sebesar 0,414 untuk X1 dan 0,509 untuk X2 dengan konstanta 26,6. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah maka iklim kerja harus diperbaiki dengan membangun iklim kerja yang dapat meningkatkan gairah kerja sehingga muncul ide-ide baru, serta mampu memunculkan interaksi yang baik sehingga kepatuhan pada tata nilai yang berlaku dapat meningkat, selain itu guru harus dapat meningkatkan profesionalitasnya.
|