Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan inklusif di SDN 14 Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Metode penelitian kualititatif deskriptif dengan model CIPP (conteks,input,process,product). Sumber informan terdiri Kepala Sekolah, Bagian Kurikukulum/Kesiswaan, Guru Pendamping Khusus, Shadow Teacher, Guru Kelas,Wali Murid Siswa Inklusif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan reduksi, penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil:Pada aspek kontesk Visi, misi dan tujuan belum memihak kepada siswa inklusi.Pada aspek input Pembiayaan dan sarana prasarana belum mendukung program inklusi.pada aspek proses dalam proses belajar mengajar dan penilaian belum maksimal, siswa inklusi masih mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dan proses penilaian masih disamakan dengan siswa regular.Pada aspek produk hasil dari penelitian program inklusi belum maksimal, karena lebih menekankan ke non akademik (bina mandiri, bina sosial) tapi masih terdapat kekurangan terhadap bina membaca dan menulis. Rekomendasi program inklusif dilanjutkan dengan catatan sebagai berikut : Pada evaluasi konteks dengan catatan perbaikan Visi,misi, dan tujuan agar diperbaiki lebih memihak kepada siswa inklusi,Pada evaluasi input dengan catatan perbaikan pembiayaan dan sarana prasarana agar ditingkatkan dan dilengkapkan untuk menunjang berjalannya program,Pada evaluasi proses dengan catatan perbaikan proses kegiatan belajar mengajar dan penliaan guru agar lebih bekerjasama dalam pengembangan kurikulum dan alat evaluasi sehingga dapat menyelenggarakan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan ABK, dan Pada evaluasi produk dengan catatan perbaikan KKM untuk siswa inklusi agar diperbaiki lebih disesuaikan dengan Kemampuan siswa inklusi.