Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi input, proses dan output program
pendidikan inklusif di SDN Kramat Jati 01 Jakarta Timur dan keefektifan,
keberhasilan atau ketercapaian dari program ini. Medote penelitian yang digunakan
mengggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menjelaskan data-data yang
diperoleh peneliti dari beberapa sumber yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Ruang lingkup permasalahan yang dievaluasi yaitu kurikulum,
peserta didik berkebutuhan khusus, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dan
lingkungan/budaya sekolah. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan Discrepancy evaluation model (DEM). Kesimpulan penelitian
bahwa pembuatan standar, standar pendidikan inklusif disusun berdasarkan
peraturan dan referensi, Penerapan standar membandingkan dengan sumber daya
program yang telah ada di SDN Kramat Jati 01, ada Ketimpangan input, proses dan
output program pendidikan inklusif di SDN Kramat Jati 01. output program yaitu
lingkungan belum ramah anak, sekolah menerima sebagian peserta didik
berkebutuhan khusus dengan hambatan ringan dan pemikiran segregatif yang
berdampak pada banyak hal. hasil evaluasi program pendidikan inklusif di SDN
Kramat Jati 01 dilanjutkan dengan beberapa catatan agar program terlaksana
dengan baik dan ramah anak.
|