Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi input, proses dan output program pendidikan inklusif di SDN Kramat Jati 01 Jakarta Timur dan keefektifan, keberhasilan atau ketercapaian dari program ini. Medote penelitian yang digunakan mengggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menjelaskan data-data yang diperoleh peneliti dari beberapa sumber yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ruang lingkup permasalahan yang dievaluasi yaitu kurikulum, peserta didik berkebutuhan khusus, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dan lingkungan/budaya sekolah. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Discrepancy evaluation model (DEM). Kesimpulan penelitian bahwa pembuatan standar, standar pendidikan inklusif disusun berdasarkan peraturan dan referensi, Penerapan standar membandingkan dengan sumber daya program yang telah ada di SDN Kramat Jati 01, ada Ketimpangan input, proses dan output program pendidikan inklusif di SDN Kramat Jati 01. output program yaitu lingkungan belum ramah anak, sekolah menerima sebagian peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan ringan dan pemikiran segregatif yang berdampak pada banyak hal. hasil evaluasi program pendidikan inklusif di SDN Kramat Jati 01 dilanjutkan dengan beberapa catatan agar program terlaksana dengan baik dan ramah anak.