Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks (atencendents) kebijakan sistem, pelaksanaan (transaction), dan dampak (outcomes) Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Muhammadiyah 09 Plus Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model Countenance Stake. Pengumpulan data meliputi wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: a) evaluasi konteks menunjukkan program PPDB belum memberikan dampak positif bagi sekolah karena tidak didapati landasa formal yang jelas; b) evaluasi pelaksanaan menunjukkan sistem PPDB yang dilaksanakan memberikan dampak negatif bagi kegiatan belajar karena tidak sesuai dengan prinsip penerimaan PPDB; c) evaluasi dampak menunjukkan memberikan dampak negatif bagi SD Muhammadiyah 09 Plus dilihat dari tidak tercapainya target peserta didik. Selain itu tidak adanya analisis dan identifikasi serta landasan yang jelas bagi para pelaksana pada implementasi program PPDB menjadi salah satu aspek yang menyebabkan proses PPDB tidak berjalan maksimal.