Penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi yang bertujuan untuk menemukan, membuktikan dan menganalisis keberhasilan program pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Az Zarofah. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yaitu singkatan dari Context, Input, Process, dan Product. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, bidang kesiswaan, bidang kurikulum, bendahara atau tata usaha, guru, peserta didik, wali siswa, dan alumni. Kemudian data dianalisis dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pada aspek konteks terbagi menjadi tiga komponen evaluasi yaitu, landasan filosofis, visi misi dan tujuan program, serta urgensitas program. Analisis ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan memiliki aktualitas tinggi. Hanya saja ketiga aspek tersebut perlu dicetak dan dimasukkan ke dalam website. 2) Pada aspek input yang terdiri dari kurikulum, kompetensi kepala sekolah, karakter guru, peserta didik, pembiayaan, serta dukungan orang tua sudah berjalan dengan baik, hanya saja pada sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. 3) Pada aspek proses, pembelajaran dirancang dengan baik dimulai dari aktivitas kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pengawasan (supervisi). 4)Pada aspek produk, yang terdiri dari internalisasi nilai-nilai karakter, dampakakademik dan dampak non akademik memiliki aktualitas tinggi. Hal tersebut ditunjukkan peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai karakter dengan baik, memiliki dampak positif terhadap prestasi akademik, serta memiliki dampak positif terhadap non akademik yaitu perilaku sehari-hari.
|