Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) dengan metode Iqro di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hayat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data, dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada para guru SDIT Nurul Hayat yang terbagi menjadi wakil yayasan, guru BTQ, guru agama, dan guru kelas. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan baca tulis Al Qur’an metode Iqro di SDIT Nurul Hayat dilaksanakan 2 kali seminggu pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, dengan pemaparan materi, metode dan kurikulum pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Metode Iqro. Evaluasi pada pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dilaksanakan dengan model CIPP dengan hasil aspek konteks Program Baca Tulis Al Qur’an, pemahaman terhadap konteks program pembelajaran baca tulis Al Qur’an sangat baik. Aspek input program BTQ berada pada kategori baik. Aspek proses program BTQ berada pada kategori baik, dan evaluasi aspek produk program BTQ berada pada kategori baik. Faktor penghambat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah dasar Islam terpadu Nurul Hayat Kecamatan Cibodas Kota Tangerang terbagi menjadi beberapa faktor antar lain, faktor internal dan eksternal. Solusi dari faktor penghambat yang perlu diterapkan adalah dengan meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan-pelatihan dan diklat-diklat yang kiranya mampu meningkatkan kinerja guru; menumbuhkan minat belajar peserta didik dengan cara memberi angka, memberi hadiah, mengadakan kompetisi, Ego-Involvment, memberi ulangan/test, mengetahui hasil, memberi pujian dan memberikan hukuman, dan mengadakan pertemuan antara sekolah dengan orang tua peserta didik.