Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh supervisi manajerial pengawas sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja kepala sekolah TK se Kotamadya Jakarta Utara. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakann metode penelitian kuantitatif, Pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket dalam bentuk google form. Data kemudian diolah dan dianalisi menggunakan uji statistik, sebelumnya instrumen penelitian diuji validitas menggunakan korelasi product pearson dan diuji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas , uji homogenitas. Baru kemudian dilakukan uji analisis menggunakan analisis jalur dengan model analisis regresi. Adapaun populasi penelitian adalah semua kepala Sekolah TK baik negeri maupun swasta di Kota Jakarta Utara sebanyak 275 Kepala sekolah, dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus slovin didapati sebanyak 163 kepala sekolah menjadi sampel penelitian ini dan pengambilan sampel menggunakan tekhnik random sampling (diambil secara acak). Dari analisis hasil penelitian diperoleh bahwa : supervisi manajerial pengawas berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 48,7 %, Motivasi Kerja berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 57,7 %, dan supervisi manajerial pengawas sekolah berpengaruj langsung secara signifikan terhadap motivasi kerja sebesar 41,2 %. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan baik bagi civitas kampus maupun lembaga pendidikan untuk menjadikan supervisi manajerial pengawas dan motivasi kerja sebagai pengaruh terhadap kinerja kepala sekolah di sekolah tingkat Taman Kanak – Kanak (TK).
|