Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan menggambarkan pengaruh supervisi kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, dan efikasi diri guru terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Pahoa Summarecon Serpong Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuesioner dengan populasi guru berjumlah 280 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang dilakukan oleh 164 orang guru. Analisis data dilakukan dengan path analysis. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen penelitian dengan skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus koefisien korelasi Pearson Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data dilakukan melalui uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, dan uji signifikansi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 5,8%. Iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 32,2%. Efikasi diri guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 41,1%. Supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim organisasi sekolah sebesar 49,4%. Supervisi kepala sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap efikasi diri guru sebesar 10,6%. Iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri guru sebesar 41,8%. Dari penelitian yang dilakukan ini diharapkan Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Pahoa dapat meningkatkan kinerja guru dengan memantau pelaksanaan supervisi kepala sekolah, menciptakan iklim organisasi yang kondusif, membuat kebijakan yang mampu mengakomodir perkembangan sekolah, memberikan dorongan moril kepada guru agar percaya pada kemampuannya dalam melakukan serangkaian kegiatan.
|