Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap hasil pendidikan karakter siswa pada masa pandemic COVID 19 di PG-TK Al Muslim Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif menggunakan model evaluasi Countenance yang dikembangkan oleh Stake yang meliputi: persiapan atau pendahuluan (antecedents), proses atau transaksi (transaction-processes), dan keluaran atau hasil (outcomes, output). Partisipan dalam penelitian evaluasi ini adalah pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua siswa yang jumlahnya 139. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter sejak dini perlu di tanamkan pada masa emas (golden age) yang merupakan masa ini anak mengalami perkembangan yang pesat sehingga sangat penting untuk menanamkan perilaku yang baik dengan cara penerapan nilai-nilai karakter seperti salam salim, berbicara sopan, adab makan dan minum, tanggung jawab dan toilet training. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan rekomendasi terhadap program pendidikan karakter di PG-TK Al Muslim Kabupaten Bekasi untuk tetap dilaksanakan dengan catatan memperbaiki: 1) Meningkatkan perencanaan dalam merancang kurikulum, metode pembelajaran dan media yang mendukung pendidikan karakter, 2) Meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter melalui kerjasama guru dan orangtua sebagai orang dewasa yang melakukan pendampingan, 3) Meningkatkan hasil pencapaian siswa melalui pendidikan karakter yang berkelanjutan.