Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi, menganalisis, dan
menggambarkan adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap etos kerja guru SMA Negeri di Kecamatan Kalideres. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan peengumpulan data menggunakan angket. Kuesioner di uji cobakan kepada 30 responden untuk menguji kevalidan setiap butir pernyataan. Populasi dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru SMA Negeri di Kecamatan Kalideres sebanyak 112 orang. Sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil dihitung
menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikan 5% yaitu 87 responden.
Dalam melakukan analisis data penelitian, digunakan analisis uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda, uji korelasi, serta uji f dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai: (1) kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan etos kerja (Y) ry1 = 0,9711% ; (2) lingkungan kerja (X2) dengan etos kerja (Y) ry2 = 0,9774, (3) disiplin kerja (X3) dengan etos kerja (Y) ry3 = 0,9894%; dan (4) kepemimpinan kepala sekolah (X1), lingkungan kerja (X2), dan disiplin kerja (X3) dengan etos kerja (Y) ry123 = 0,9920. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan disiplin kerja memiliki hubungan langsung positif dengan etos kerja guru SMA Negeri di Kecamatan Kalideres Jakarta
Barat.
|