Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan peran kepala sekolah, peran wakil
kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum,sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan, dan peran komite sekolah terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis sekolah di SMP Islam Amelia Pondok Aren Tangerang Selatan, sehingga Program Manajemen Berbasis Sekolah dapat terlaksana dengan baik yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan model penelitian CIPP (Conteks, Input, Proces, dan Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, yaitu Sosialisasi, perencanaan manajemen, pelaksanaan manajemen, dan evaluasi manajemen yang dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah khususnya wakil bidang kurikulum, sarana dan prasarana, dan bendahara sekolah. Tujuan dari pelaksanaan manajemen Berbasis Sekolah adalah meningkatkan kinerja sekolah melalui pemberian kewenangan dan tanggungjawab yang lebih besar kepada sekolah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola sekolah yang baik yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas Evaluasi ini untuk mengukur program-program yang telah direncanakan dan dapat terlaksana dengan baik, karena didukung oleh kepemimpinan kepala sekolah, manajemen Kurikulum oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai, pembiayaan, tenaga pendidik dan kependidikan, dan partisipasi dengan masyarakat sehingga program Manajemen Berbasis Sekolah dapat terimplementasi dengan baik.
|