Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi digital dan efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis. Sample penelitian ini adalah 215 siswa kelas 5 yang berada di 3 sekolah dasar negeri di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Dat kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes, sedangkan data literasi digital dan efikasi diri diperoleh melalui kuesioner. Instrumen penelitian diberikan melalui googleform. Data dianalisis menggunakan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. F Change adalah 0,000, nilai R = 0,942 dan R2 =0,887. Dengan menggunakan nilai signifikansi 0,05 maka Sig. F Change <0,05 , dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi digital dan efikasi diri secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis, Adapun derajat hubungan 94,2% yang berarti dalam kategori sangat kuat lebih lanjut literasi digital (X1) dan variabel efikasi diri (X2) berkontribusi secara simultan terhadap variabel kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 88,7%.