Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan; pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan pembelajaran problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk post-test only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika dan non tes untuk mengukur gaya kognitif siswa. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem based learning dan menggunakan pendekatan diskusi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan yang memiliki gaya kognitif field dependent terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan efek interaksi antara problem based learning dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.