Abstrak  Kembali
Pengembangan model pembelajaran jigsaw dengan menambahkan media gambar di dalam tahapannya sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tidak semua siswa memiliki keterampilan dalam berbicara, sehingga tidak maksimal dalam menggunakan model pembelajaran jigsaw. Karena itu, model pembelajaran jigsaw yang dimodifikasi dengan media gambar membuat siswa lebih percaya diri, termotivasi, dan tertarik, sehingga siswa terbantu dalam berdikusi dan presentasi. Melalui tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation peneliti dapat mengetahui langkah-langkah, efektifitas, tanggapan para guru kelas 2, dan penilaian para ahli mengenai pengembangan model pembelajaran jigsaw dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2D di MI Pembangunan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengembangan model pembelajaran jigsaw dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2D di MI Pembangunan. Yaitu berdasarkan teknik pengumpulan data kualitatif melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara diperoleh informasi bahwa proses belajar dengan menggunakan pengembangan model pembelajaran jigsaw dengan media gambar mulai bulan Agustus 2021 sampai Maret 2022 menunjukan keberhasilan, yaitu dari 13 siswa yang terampil berbicara menjadi 22 siswa yang terampil berbicara. Hal tersebut menunjukan hasil signifikan, yaitu dari 52% siswa yang terampil berbicara menjadi 88%. Selain itu, tanggapan guru paralel kelas dua sesuai dengan penilaian para ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa) yang memberikan interpretasi “sangat efektif”. Hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan model pembelajaran jigsaw dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.