Abstrak  Kembali
Mutu laboratorium klinik dikatakan baik apabila laboratorium tersebut melaksanakan standar mutu yang sudah ditetapkan dan pemenuhan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem tahapan pra analitik pada pelayanan laboratorium di Rumah Sakit "HAJI" Jakarta Timur pada tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi serta telaah dokumen sebagai menunjang hasil wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah 2 informan kunci, 10 informan utama dan 10 informan tambahan. Instrumen menggunakan pedoman wawancara. Hasil telaah dokumen menunjukkan bahwa belum ada prosedur jaminan kerahasiaan hasil laboratorium, adanya anggaran minimal untuk pelatihan pegawai agar pegawai mengikuti pelatihan secara bergiliran, belum ada prosedur tertulis mengenai pendidikan pra ujian, belum ada tata cara penyerahan spesimen dan hasil laboratorium berupa log book yang mencatat pemasukan spesimen dan keluaran hasil laboratorium. Secara umum informan menyatakan puas dengan kualitas struktur, kualitas proses dan kualitas hasil di instalasi laboratorium, namun masih perlu perbaikan pada indikator kualitas Tangible. Sistem tahapan pra analitik pelayanan laboratorium di RS Haji Jakarta tahun 2021 menunjukkan sebagian besar telah memenuhi SNI ISO 15189; Standar 2012 dan berdasarkan PERMENKES No. 43 Tahun 2013 tentang tata cara penyelenggaraan laboratorium yang baik dan benar. Sebagai rekomendasi, laboratorium harus mendokumentasikan kebijakan, sistem, program, prosedur dan instruksi sejauh yang diperlukan untuk memastikan kualitas hasil tes/pemeriksaan yang dihasilkan tetap konsisten.