Abstrak  Kembali
GIATIKA, 1008036189, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah menengah Atas Negeri (SMA) Di Jakarta Selatan, Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta,2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Jakarta Selatan. Hipótesis yang diuji dalam penelitain ini adalah apakah terdapat pengaruh positif (1) Supervisi Kepala Sekolah dengan kepuasan kerja guru , (2) Motivasi Kerja Guru dengan Kepuasan Kerja Guru , (3) Supervisi Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisi kolerasional. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang berbentuk skala likert, diolah menggunakan metode statistik deskriptif, uji normalitas , uji korelasi dan regresi. Hasil análisis antara Supervisi dengan korelasi 0.443 dengan demikian ada pengaruh relatif kuat antar variabel, hasil uji persamaan regresi terlihat ?=53.940+0,406X1 maka nilai murni variabel Kepuasan tanpa dipengaruhi oleh variabel Supervisi Kepala Sekolah 53,940, sedangkan kontribusi variabel kepuasan kerja guru 0,406 hasil uji hipotesis thitung 6.417 > ttabel 1.960 maka (Ha) diterima dengan ?=0,000 < ?=0,05 maka variabel Supervisi Kepsek dinyatakan signifikan terhadap variabel Kepuasan kerja guru . Pada varaibel Motivasi Kerja Guru dengan nilai korelasi sebesar 0,450 maka ada pengaruh positif relative kuat antar variabel dengan nilai persamaan regresi ? = 54,245 + 0,468X maka nilai murni variabel Motivasi Kerja tanpa dipengaruhi oleh variabel Motivasi Kerja sebesar 54,245 sedangkan nilai kontribusi variabel Motivasi sebesar 0,468 hasil uji hipotesis thitung 6,559 > ttabel 1,960 maka (Ha) diterima dengan ?=0,000 < ?=0,05 dengan demikian variabel Motivasi Kerja dinyatakan signifikan terhadap variabel Motivasi Kerja, sehingga hipotesis penelitian diterima, artinya variabel Kepuasan Kerja Guru memiliki Pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja. Hasil pengolahan data secara simultan dengan nilai korelasi 0,535 maka ada Pengaruh positif antara variabel (Supervisi dan Motivasi Kerja ) dengan Motivasi Kerja hasil uji regresi linear berganda terlihat ? = 33,832+ 0,2885X1 + 0,339X2 sehingga nilai murni variabel motivasi sebesar 33,832 untuk kontribusi variabel Supervisi sebesar 0,288 sedangkan kontribusi variabel Motivasi sebesar 0,339 sehingga kontribusi variabel budaya cenderung dominan hasil uji hipotesis terlihat Fhitung 33,611 > Ftabel 3,07 dengan ?=0,000 < ?=0,05 maka Supervisi (X1) dengan Motivasi Kerja (X2) secara simultan memiliki Pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja.