RINI YANIASTUTI. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pelatihan Guru Terhadap Profesionalitas Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menelaah dan mengungkapkan mengenai hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pelatihan Guru terhadap Profesionalitas Guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah, (1) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalitas guru (2) terdapat hubungan positif pelatihan guru dengan profesionalitas guru (3) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan guru dengan profesionalitas guru. Metode penelitian adalah survey dengan populasi sebanyak 498 guru dan sampel berjumlah 205 guru, yang diambil dengan tehnik Proporsional Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi serta korelasi sederhana pada taraf signifikansi ? = 0,05. Data tentang profesionalitas guru (Y), gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan pelatihan guru (X2) diambil dengan instrumen yang telah diujicoba (valid) dengan koefisien reliabilitas r y = 0,92, rx1 = 0,92, dan rx2 = 0,94. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalitas guru, serta koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,512 dan koefisien determinasi (ry1)2 = 0,262, kedua: terdapat hubungan positif pelatihan guru dengan profesionalitas guru, serta koefisien korelasi sebesar ry2 = 0,518 dan koefisien determinasi (ry2)2 = 0,269, ketiga: terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan guru secara bersama-sama dengan profesionalitas guru serta koefisien korelasi ry.12 = 0,573 dan koefisien determinasi (ry.12)2 = 0,328. Dengan demikian masing-masing variabel memberikan sumbangan 26,2% dari gaya kepemimpinan kepala sekolah, 26,9% dari pelatihan guru dan 32,8% dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan guru secara bersama-sama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan guru dengan profesionalitas guru SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur. Dengan demikian profesionalitas guru SMA Negeri di Rayon 14 Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan guru.
|