Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsiskan, menggambarkan dan menganalisis pengaruh servant leadership dan ketahanmalangan terhadap kinerja guru, dan pengaruh servant leadership terhadap ketahanmalangan guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian survey dari 102 orang guru sebagai sampel dan dipilih secara random sampling. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner servant leadership, ketahanmalangan, dan observasi kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dengan tingkat kepercayaan 5%, servant leadership berpengaruh positif langsung sebesar 61,1%., ketahanmalangan berpengaruh sebesar 43,7 % terhadap kinerja guru di sekolah dasar Wilayah V Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Servant leadership memberikan pengaruh positif pada pemberdayaan pengikutnya yang mendorong peningkatan kinerja guru. Servant leadership berpengaruh positif sebesar 40,1 % terhadap ketahanmalangan guru di Wilayah V Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Implikasi dari penelitian ini adalah servant leadership adalah gaya kepemimpinan yang layak digunakan karena mengakomodasi kepentingan guru, memotivasi, dan memberdayakan sehingga dapat meningkatkan kinerja guru di sekolah.