Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsiskan, menggambarkan dan menganalisis pengaruh
servant leadership dan ketahanmalangan terhadap kinerja guru, dan pengaruh servant
leadership terhadap ketahanmalangan guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan
pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian survey
dari 102 orang guru sebagai sampel dan dipilih secara random sampling. Instrumen utama
dalam penelitian ini adalah kuesioner servant leadership, ketahanmalangan, dan
observasi kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan
analisis jalur.
Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dengan tingkat kepercayaan 5%, servant
leadership berpengaruh positif langsung sebesar 61,1%., ketahanmalangan berpengaruh
sebesar 43,7 % terhadap kinerja guru di sekolah dasar Wilayah V Kecamatan Cilincing
Jakarta Utara. Servant leadership memberikan pengaruh positif pada pemberdayaan
pengikutnya yang mendorong peningkatan kinerja guru. Servant leadership berpengaruh
positif sebesar 40,1 % terhadap ketahanmalangan guru di Wilayah V Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara.
Implikasi dari penelitian ini adalah servant leadership adalah gaya kepemimpinan yang
layak digunakan karena mengakomodasi kepentingan guru, memotivasi, dan
memberdayakan sehingga dapat meningkatkan kinerja guru di sekolah.
|