Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara komitmen kerja terhadap profesionalisme guru dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen kerja terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di binaan 1 dan 2 Kecamatan Kemayoran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kuantitatif dengan pendekatan regresi sederhana dan regresi berganda. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 guru dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 orang. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunung Sahari Selatan 01, SDN Utan Panjang 01, SDN Kemayoran 09, SDN Kemayoran 11, SDN Kemayoran13, SDN Kemayoran 15, SDN Serdang 07, dan SDN Serdang 11. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat nilai signifikansi kepemimpinan kepala sekolah sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yakni menerima H0a yaitu terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar Negeri Binaan 1 Dan 2 Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, terdapat nilai signifikansi Komitmen Kerja sebesar 0,029 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yakni menerima H0b yaitu terdapat pengaruh Komitmen Kerja terhadap Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar Negeri Binaan 1 Dan 2 Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat dan terdapat nilai signifikansi Komitmen Kerja sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yakni menerima H0c yaitu terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja terhadap Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar Negeri Binaan 1 Dan 2 Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat