| 
      Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint
berbasis classpoint dalam membaca permulaan siswa kelas I di SDN Komplek Duri
Pulo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan. Pengembangan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint
yang dirancang untuk melakukan penelitian ini menggunakaan bagan model
pengembangan Borg and Gall modifikasi. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji perbandingan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pada saat penerapan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint di sekolah
memberikan hasil yang bagus dalam penelitian tersebut dan mampu meningkatkan
hasil belajar pembaca pemula pada siswa kelas I. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
perbandingan rata-rata rata hasil pretest dengan jumlah nilai 60,22 dan hasil posttest
dengan jumlah nilai 78,73. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan
hasil belajar saat siswa sebelum dan sesudah diberikan powerpoint sebagai media
pembelajaran
     |