Abstrak  Kembali
Pengembangan video pembelajaran sangat diperlukan hal ini berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, untuk mengetahui bagaimana tingkat kemenarikan penggunaan video pembelajarandan bagaimana tingkat efektivitas penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman di SDN Komplek Petojo Utara Pagi.Dengan adanya pengembangan video pembelajaran diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model RnD menurut Borg dan Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan (RnD) memamparkan langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti dalam mengambangkan suatu produk. Hasil penelitian ini yaitu, (1) proses pengembangan produk yang sudah dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini didapat melalui beberapa proses yaitu pembuatan produk, validasi produk, revisi, dan uji coba lapangan, dengan tingkat kevalidan video pembelajaran sebesar 80% dengan demikian video pembelajaran termasuk kategori yang sangat valid, Tingkat kevalidan materi pembelajaran menghasilkan presentase didapatkan hasil sebesar 91% yang berarti sangat valid, dan untuk validasi ahli pembelajaran didapatkan hasil sebesar 95% berarti juga sangat valid.(2) tingkat kemenarikan video Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil dapat diperoleh hasil 87,63% sedangkan Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh di atas pada uji coba kelompok besar dapat diperoleh hasil 86,6% angka ini menunjukan video pembelajaran sangat menarik. (3)tingkat efektivitas penggunaan video pembelajaranmenujukkan hasil rata-rata(mean) pada saat pretest sebesar 70,33 dan posttest sebesar 79,76. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan ini jumlah nilai rata-rata yang dipengaruhi oleh pemberian media pembelajaran. Dengan pengembangan video ini diharapkan dapat memudahkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam proses pembelajaran tematik dikelas.