Pengembangan video pembelajaran sangat diperlukan hal ini berkaitan untuk
meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, untuk mengetahui bagaimana tingkat
kemenarikan penggunaan video pembelajarandan bagaimana tingkat efektivitas
penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar membaca
pemahaman di SDN Komplek Petojo Utara Pagi.Dengan adanya pengembangan video
pembelajaran diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan model RnD menurut Borg dan Gall. Prosedur penelitian dan
pengembangan (RnD) memamparkan langkah-langkah yang akan dilakukan peneliti
dalam mengambangkan suatu produk.
Hasil penelitian ini yaitu, (1) proses pengembangan produk yang sudah dihasilkan dari
penelitian dan pengembangan ini didapat melalui beberapa proses yaitu pembuatan
produk, validasi produk, revisi, dan uji coba lapangan, dengan tingkat kevalidan video
pembelajaran sebesar 80% dengan demikian video pembelajaran termasuk kategori
yang sangat valid, Tingkat kevalidan materi pembelajaran menghasilkan presentase
didapatkan hasil sebesar 91% yang berarti sangat valid, dan untuk validasi ahli
pembelajaran didapatkan hasil sebesar 95% berarti juga sangat valid.(2) tingkat
kemenarikan video Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh pada uji coba kelompok
kecil dapat diperoleh hasil 87,63% sedangkan Berdasarkan data kuantitatif yang
diperoleh di atas pada uji coba kelompok besar dapat diperoleh hasil 86,6% angka ini
menunjukan video pembelajaran sangat menarik. (3)tingkat efektivitas penggunaan
video pembelajaranmenujukkan hasil rata-rata(mean) pada saat pretest sebesar 70,33
dan posttest sebesar 79,76. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan ini
jumlah nilai rata-rata yang dipengaruhi oleh pemberian media pembelajaran. Dengan
pengembangan video ini diharapkan dapat memudahkan dan dimanfaatkan dengan baik
oleh guru dalam proses pembelajaran tematik dikelas.
|