Abstrak  Kembali
ABSTRAK Siti Chotimah. Hubungan Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Swasta Di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta, 2010 Tesis ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru, (2) Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru, (3) Hubungan antara Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi target adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta di Kecamatan Matraman Jakarta Timur yang berjumlah 176 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yang berjumlah 64 orang. Instrumen penelitian untuk kepemimpinan kepala sekolah, supervisi kepala sekolah, dan kepuasan kerja guru, didasarkan pada validitas isi. Keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah: kepemimpinan kepala sekolah rhitung = 0,975, supervisi kepala sekolah rhitung = 0,949 dan kepuasan kerja guru rhitung = 0,989. Analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan Kepuasan kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 67,79 + 0,466 X1, dan koefisien korelasi ry1 = 0,7079, signifikansi pada 0,05. Kedua terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi kepala sekolah (X2) dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 91,171 + 0,299 X2, dan koefisien korelasi ry2 = 0,3103, signifikansi pada 0,05. Ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan supervisi kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 67,559 + 0,450 X1 + 0,020 X2, dan koefisien korelasi ry12 = 0,424, signifikansi pada 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam meningkatkan kepuasan kerja guru, dan dapat memotivasi kinerja guru, sehingga berdampak kepada peningkatan mutu pendidikan pada umumnya dan khususnya dapat merealisasikan visi, misi dan tujuan sekolah. Oleh karena itu, perlu diupayakan cara peningkatan kepuasan kerja guru, yakni melalui kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, demokratis, bijaksana, dan supervisi kepala sekolah secara intensif, serta peningkatan kompetensi guru dan pembinaan karir yang jelas.