Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh
penjualan kilat (flash sale) dan harga diskon terhadap kepuasan konsumen pada
marketplace Shopee dengan perilaku pembelian impulsif sebagai variabel
intervening pada mahasiswa manajemen Universitas Darma Persada Jakarta.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu dengan mencari
hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat sebab dan akibat
sehingga dalam penelitiannya ada variabel bebas, terikat dan intervening. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i jurusan manajemen Universitas Darma
Persada Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan
parsial variabel penjualan kilat (flash sale) dan harga diskon mempunyai pengaruh
langsung terhadap perilaku pembelian impulsif. Selain itu variabel penjualan kilat
(flash sale), harga diskon dan perilaku pembelian impulsif mempunyai pengaruh
langsung terhadap kepuasan konsumen.
|