Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran berbicara melalui metode show and tell pada siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten Bekasi. Meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode show and tell pada siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten Bekasi. Hipotesis penelitian ini adalah melalui metode show and tell dapat mengetahui proses pembelajaran berbicara pada pada siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten Bekasi. Melalui metode show and tell dapat meningkatkan hasil kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten Bekasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Dilihat dari ketercapaian kemampuan berbicara siswa setelah dilaksanakan tindakan hasil perolehan tes keterampilan berbicara siswa dari kedua aspek sudah melampaui nilai KKM yaitu 85, Dari aspek kebahasaan, dimana lafal sudah memperoleh nilai 79, intonasi sudah memperoleh skor 85, diksi sudah memperoleh nilai 77, struktur kalimat sudah mendapat nilai 78, secara keseluruhan jika dilihat dari aspek kebahasaan sudah mendapat nilai 80. Dari aspek non kebahasaan sudah mendapat nilai 78 volume juga mendapat nilai 78, gerak mendapat nilai 79, keberanian mendapat nilai 80, kelancaran mendapat nilai 78, sikap berbicara mendapat nilai 76, penguasaan topik mendapat nilai 78. Nilai akhir dari kedua aspek adalah 85. hasil penelitian di Siklus II menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dan hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, namun karena proses serta ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran yang mudah, murah dan menyenangkan.