Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran
berbicara melalui metode show and tell pada siswa kelas III SDN Kebalen 07
Babelan Kabupaten Bekasi. Meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode
show and tell pada siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten Bekasi.
Hipotesis penelitian ini adalah melalui metode show and tell dapat mengetahui
proses pembelajaran berbicara pada pada siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan
Kabupaten Bekasi. Melalui metode show and tell dapat meningkatkan hasil
kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Kebalen 07 Babelan Kabupaten
Bekasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23
orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua
siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Dilihat dari ketercapaian
kemampuan berbicara siswa setelah dilaksanakan tindakan hasil perolehan tes
keterampilan berbicara siswa dari kedua aspek sudah melampaui nilai KKM yaitu
85, Dari aspek kebahasaan, dimana lafal sudah memperoleh nilai 79, intonasi
sudah memperoleh skor 85, diksi sudah memperoleh nilai 77, struktur kalimat
sudah mendapat nilai 78, secara keseluruhan jika dilihat dari aspek kebahasaan
sudah mendapat nilai 80. Dari aspek non kebahasaan sudah mendapat nilai 78
volume juga mendapat nilai 78, gerak mendapat nilai 79, keberanian mendapat
nilai 80, kelancaran mendapat nilai 78, sikap berbicara mendapat nilai 76,
penguasaan topik mendapat nilai 78. Nilai akhir dari kedua aspek adalah 85. hasil
penelitian di Siklus II menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara
siswa dan hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, namun karena proses
serta ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran yang mudah, murah
dan menyenangkan.
|