Abstrak  Kembali
ABSTRAK Muhammad Iqbal. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan rekrutmen guru honorer terhadap kompetensi profesional guru honorer Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Tesis. Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2010. Tujuan penelitian ini untuk mengamati dan mengetahui pengaruh Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan rekrutmen guru honorer terhadap kompetensi profesional guru honorer Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner. Populasi target guru honorer Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kabupaten Bogor,sedangkan populasi terjangkau adalah guru honorer Sekolah Dasar Negeri di wilayah kecamatan Gunung Putri dengan menggunakan teknik proporsional random sampling,.Jumlah populasi 279 dan jumlah sampel 74 orang. penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung antara: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional 2) Rekrutmen guru honorer terhadap kompetensi profesional 3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap rekrutmen guru honorer . Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kompetensi profesional guru honorer memiliki reliabilitas r13=0,449, Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas r23=0,472, dan rekrutmen guru honorer memiliki reliabilitas r12 = 0,384. Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Hasilnya disimpulkan bahwa: pertama terdapat pengaruh langsung sangat signifikan Gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kompetensi profesional guru honorer (X3) memperoleh persamaan regresi 3 ?X = 70,487+0,47X1, koefisien korelasi r13= 0,449 ,koefisien determinasi r2 13= 20,2% pada taraf signifikansi ? = 3 0,05 dan koefisien jalur sebesar ?31=0,372 dan nilai ini lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh langsiung dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru honorer. kedua terdapat pengaruh langsung sangat signifikan rekrutmen guru honorer (X2) terhadap kompetensi profesional (X3) memperoleh persamaan regresi 3 ?X = 68,076+0,504X2 koefisien korelasi r23 = 0,472 dan koefisien determinasi r2 23= 22,3 % pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan koefisien jalur sebesar ?32=0,329 dan nilai ini lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh langsiung dan signifikan antara rekrutmen guru honorer terhadap kompetensi profesional guru honorer. ketiga terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap rekrutmen guru honorer (X2) dengan persamaan regresi 2 X? = 60,120+0,383X1, koefisien korelasi r12 = 0,384 dan koefisien determinasi r2 12= 14,8 % pada taraf signifikansi ? = 0,05, dan koefisien jalur sebesar ?21=0,384 dan nilai ini lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh langsiung dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap rekrutmen guru honorer. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa kompetensi professional guru honorer meningkat apabila gaya kepemimpinan kepala sekolah efektif dan rekrutmen guru honorer tinggi. Upaya mengefektifkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan melalui, gaya kepemimpinan rutin, sedangkan upaya peningkatan rekrutmen guru honorer dilakukan melalui, profesionalisme. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan kompetensi profesional guru honorer guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bogor, khususnya kompetensiprofesional guru honorer guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kecamatan Gunung Putri kabupaten Bogor.