Abstrak  Kembali
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai karakter religius, karakter nasionalis karakter mandiri, karakter integritas, karakter gotong-royong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi dan wawancara dengan dewan guru dan siswa SDN Tebet Barat 03 Pagi Jakarta. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan triangulasi sumber. Hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan penanaman nilai karakter religius, karakter nasionalis karakter mandiri, karakter integritas, karakter gotong-royong melalui melalui pelajaran IPS telah dapat dilaksanakan dengan baik oleh para guru dan siswa kelas V SDN Tebet Barat 03 Pagi Jakarta, meskipun memang masih belum optimal, karena masih ditemukan kendala-kendala yang dihadapi. Oleh karena itu maka dapat disaran diantaranya sebaiknya kepala sekolah dapat menerapkan kebijakannya terkait dengan peraturan dalam hal kedisiplinan guru dalam penerapan nilai-nilai karakter kepada siswa agar lebih dipertegas lagi, serta terus mengarahkan para siswa agar dapat menerapkan nilai-nilai karakter supaya benar-benar tertanam pada diri masing-masing siswa, dan upaya-upaya lainnya sehingga penerapan PPK lebih baik lagi dimasa mendatang