Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh (1) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru; (2) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru; (3) pengaruh komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadapa kinerja guru; (4) pengaruh lingkungan kerja terhadap supervisi akademik; (5) pengaruh supervisi akademik terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah; (6) pengruh komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan metode survey kausal dengan desain korelasional dan analisis jalur. Desain kolerasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh antara dua variabel atau lebih. Desain korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh antara dua variabel atau lebih. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja ( ), supervisi akademik ( ), komunikasi interpersonal kepala sekolah ( ), kinerja guru (Y) Populasi penelitian ini adalah guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Populasi guru berstatus PNS di 18 Sekolah Dasar Negeri berjumlah 140, hasil perhitungan dengan rumus slovin diperoleh 103 orang guru berstatus PNS dan PPPK sebagai sampeldan ditetapkan 30 orang sebagai sampel uji coba. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel kinerja guru, lingkungan kerja, supervisi akademik, dan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan menggunakan kuesioner atau angket model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Produk Moment dan relibialitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data di analisis dengan statistic deskriftif, untuk menguji hipotesis digunakan uji korelasi, uji regresi dan uji determinasi yang dihitung menggunakan software SPSS versi 26.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 58,1 %; 2) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru sebesar 57,8 %; 3) terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja sebesar 61,6 %; 4) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap supervisi akademik sebesar 46,86 %; 5) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap komunikasi interpersonal sebesar 39,3 %; 6) terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadapa lingkungan kerja sebesar 56,5 %.