Masalah yang ada didalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pembelajaran
menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran seni budaya peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan
menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran seni budaya peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh
data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data
Display), dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber data. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Seni
Budaya dan peserta didik SMK Negeri 57 Jakarta Selatan.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom
dalam pembelajaran jarak jauh sangat mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi
Covid-19. Aktivitas pembelajaran jarak jauh yang menggunakan Google Classroom
dikatakan baik, karena dapat membantu guru dalam menyampaikan materi, memberikan
tugas, dan memberikan nilai secara otomatis, selain itu Google Classroom juga dapat
membantu peserta didik untuk mempermudah mengakses materi tugas yang di berikan
oleh guru, pengumpulan tugas serta memberikan pertanyaan secara jarak jauh.
Keunggulan Google Classroom membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan
efisien, hemat waktu, serta dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja yang
terhubung ke jaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi
Google Classroom ini membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses
pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.
|