Abstrak  Kembali
Masalah yang ada didalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran seni budaya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran seni budaya peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data Display), dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan peserta didik SMK Negeri 57 Jakarta Selatan.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh sangat mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Aktivitas pembelajaran jarak jauh yang menggunakan Google Classroom dikatakan baik, karena dapat membantu guru dalam menyampaikan materi, memberikan tugas, dan memberikan nilai secara otomatis, selain itu Google Classroom juga dapat membantu peserta didik untuk mempermudah mengakses materi tugas yang di berikan oleh guru, pengumpulan tugas serta memberikan pertanyaan secara jarak jauh. Keunggulan Google Classroom membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien, hemat waktu, serta dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja yang terhubung ke jaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi Google Classroom ini membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.