Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi dengan disiplin kerja guru di SMA Islam Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Metode penelitian : metode yang dilakukan menggunakan angket atau kuisioner dengan pendekatan analisis jalur. Metode Analisis : Analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan korelasional dengan dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linieritas, serta analisis regresi. Hasil Penelitian : Hasil penelitian : Uji coba instrument untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen Disiplin Kerja Guru memiliki reliabilitas rᵢᵢ = = 0.800451, Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.833536, dan Motivai Kerja memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.780909. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa : (1) terdapat hubungan langsung positif kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) dengan disiplin kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi 𝑌 ̂ = 92.552 + 0.395 X₁ , koefisien korelasi ry₁ = 0.3260, koefisien determinasi = 31.25 % dan koefisien jalur X₁ terhadap Y (p₃ ₁ ) = 0.4336 pada taraf signifikansi α = 0.05, (2) terdapat hubungan langsung positif motivasi kerja (X₂ ) dengan disiplin kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi 𝑌 ̂ = 96.334 + 0.348 X₂ , koefisien korelasi r₂ ₃ = 0.345, koefisien determinasi = 22.79%, dengan koefisien jalur X₂ terhadap Y (p₃ ₂ ) = 0.2687, pada taraf signifikansi α = 0.05, ( 3) terdapat hubungan langsung positif kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) dengan motivasi kerja (X₂ ) memperoleh persamaan regresi 𝑋̂₂ = 91,251 + 0.342 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₂ = 0.4320, koefisien determinasi = 20.66% dengan koefisien jalur X₁ terhadap X₂ (p₂ ₁ ) = 0,4320, pada taraf signifikansi α = 0.05.