Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah
dan motivasi dengan disiplin kerja guru di SMA Islam Kecamatan Grogol
Petamburan Jakarta Barat. Metode penelitian : metode yang dilakukan
menggunakan angket atau kuisioner dengan pendekatan analisis jalur. Metode
Analisis : Analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan korelasional dengan
dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linieritas, serta analisis regresi.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian : Uji coba instrument untuk mendapatkan
validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument dengan menggunakan rumus
Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen Disiplin Kerja Guru
memiliki reliabilitas rᵢᵢ = = 0.800451, Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki
reliabilitas rᵢᵢ = 0.833536, dan Motivai Kerja memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.780909.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana.
Hasilnya disimpulkan bahwa : (1) terdapat hubungan langsung positif
kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) dengan disiplin kerja guru (Y) memperoleh
persamaan regresi 𝑌 ̂ = 92.552 + 0.395 X₁ , koefisien korelasi ry₁ = 0.3260,
koefisien determinasi = 31.25 % dan koefisien jalur X₁ terhadap Y (p₃ ₁ ) = 0.4336
pada taraf signifikansi α = 0.05, (2) terdapat hubungan langsung positif motivasi
kerja (X₂ ) dengan disiplin kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi 𝑌 ̂ =
96.334 + 0.348 X₂ , koefisien korelasi r₂ ₃ = 0.345, koefisien determinasi =
22.79%, dengan koefisien jalur X₂ terhadap Y (p₃ ₂ ) = 0.2687, pada taraf
signifikansi α = 0.05, ( 3) terdapat hubungan langsung positif kepemimpinan kepala
sekolah (X₁ ) dengan motivasi kerja (X₂ ) memperoleh persamaan regresi 𝑋̂₂ =
91,251 + 0.342 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₂ = 0.4320, koefisien determinasi =
20.66% dengan koefisien jalur X₁ terhadap X₂ (p₂ ₁ ) = 0,4320, pada taraf
signifikansi α = 0.05.
|