Abstrak  Kembali
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Kelurahan Jakasampurna Bekasi. Metode Penelitian : Metode yang dilakukan menggunakan angket atau kuisioner dengan pendekatan analisis jalur. Metode Analisis : Analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis korelasional dengan dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linieritas, serta analisis regresi. Hasil penelitian : Uji coba instrument untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen Profesionalisme Guru memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.780909, Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.800451, dan Lingkungan Kerja memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.833536. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) terhadap profesionalisme guru (X₃ ) memperoleh persamaan regresi = 95.449 + 0.426 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₃ = 0.550, koefisien determinasi = 30.25 % dan koefisien jalur X₁ terhadap X₃ (p₃ ₁ ) = 0.4336 pada taraf signifikansi α = 0.05, (2) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan kerja (X₂ ) terhadap profesionalisme guru (X₃ ) memperoleh persamaan regresi 𝑋̂₃ = 98.213 + 0.398 X₂ , koefisien korelasi r₂ ₃ = 0.456, koefisien determinasi = 20.79%, dengan koefisien jalur X₂ terhadap X₃ (p₃ ₂ ) = 0.2687, pada taraf signifikansi α = 0.05, ( 3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) terhadap lingkungan kerja (X₂ ) memperoleh persamaan regresi = 90.159 + 0.384 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₂ = 0.4320, koefisien determinasi = 18.66% dengan koefisien jalur X₁ terhadap X₂ (p₂ ₁ ) = 0,4320, pada taraf signifikansi α = 0.05. Kesimpulan : Ha₁ diterima, kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, Ha₂ diterima, lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru, Ha₃ diterima, kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru. Saran : Perlu peningkatan profesionalisme guru melalui pembinaan oleh kepala sekolah, dan juga perlu peningkatan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif di dalam lingkungan sekolah dimana guru bekerja.