Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan
lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Kelurahan Jakasampurna
Bekasi. Metode Penelitian : Metode yang dilakukan menggunakan angket atau kuisioner
dengan pendekatan analisis jalur. Metode Analisis : Analisis deskriptif dan uji hipotesis
dengan analisis korelasional dengan dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji
linieritas, serta analisis regresi. Hasil penelitian : Uji coba instrument untuk
mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument dengan menggunakan
rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen Profesionalisme Guru
memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.780909, Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki reliabilitas
rᵢᵢ = 0.800451, dan Lingkungan Kerja memiliki reliabilitas rᵢᵢ = 0.833536. Ramalan
hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya
disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala
sekolah (X₁ ) terhadap profesionalisme guru (X₃ ) memperoleh persamaan regresi =
95.449 + 0.426 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₃ = 0.550, koefisien determinasi = 30.25 %
dan koefisien jalur X₁ terhadap X₃ (p₃ ₁ ) = 0.4336 pada taraf signifikansi α = 0.05,
(2) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan kerja (X₂ ) terhadap profesionalisme
guru (X₃ ) memperoleh persamaan regresi 𝑋̂₃ = 98.213 + 0.398 X₂ , koefisien korelasi
r₂ ₃ = 0.456, koefisien determinasi = 20.79%, dengan koefisien jalur X₂ terhadap X₃
(p₃ ₂ ) = 0.2687, pada taraf signifikansi α = 0.05, ( 3) terdapat pengaruh langsung positif
kepemimpinan kepala sekolah (X₁ ) terhadap lingkungan kerja (X₂ ) memperoleh
persamaan regresi = 90.159 + 0.384 X₁ , koefisien korelasi r₁ ₂ = 0.4320, koefisien
determinasi = 18.66% dengan koefisien jalur X₁ terhadap X₂ (p₂ ₁ ) = 0,4320, pada
taraf signifikansi α = 0.05.
Kesimpulan : Ha₁ diterima, kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme
guru, Ha₂ diterima, lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru, Ha₃ diterima,
kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap profesionalisme guru.
Saran : Perlu peningkatan profesionalisme guru melalui pembinaan oleh kepala sekolah,
dan juga perlu peningkatan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif di dalam
lingkungan sekolah dimana guru bekerja.
|