Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan inklusif terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri segugus 2 kecamatan Ciledug. (2) Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri segugus 2 kecamatan Ciledug. (3) Pengaruh kepemimpinan inklusif terhadap komunikasi interpersonal pada sekolah dasar negeri segugus 2 kecamatan Ciledug. Populasi berjumlah 152 orang dan sampel sebanyak 110 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan path analysis dimulai dengan statistik deskriptif, uji pra syarat analisis (normalitas, homogenitas dan linearitas) dan dilanjutkan dengan signifikansi regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif secara signifikan kepemimpinan inklusif terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri segugus 2 kecamatan Ciledug yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel ( 7.279 > 1.984), nilai koefisien jalur sebesar 0,487 dan nilai koefisien korelasi 0,574 dengan Sig (2- tailed) sebesar 0,000. Terdapat pengaruh langsung komunikasi interpersonal secara signifikan terhadap efektivitas organisasi dengan nilai thitung > ttabel (5,039 >1,984) dan nilai koefisien jalur sebesar 0.291. Selain itu hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan nilai 0,436 dengan Sig. (2- tailed) sebesar 0,001. Terdapat pengaruh yang positif secara signifikan kepemimpinan inklusif terhadap komunikasi interpersonal dengan nilai thitung > ttabel (3,259 > 1,984), nilai koefisen jalur sebesar 0,299. Dengan Sig. (2-tailed) 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan inklusif dan komunikasi interpersonal mempengaruhi efektivitas organisasi.