Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman tahun ajaran 2021/2022. Data sampel yang digunakan adalah 61 peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif “Quasi Eksperimental Design”. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu pendekatan pembelajaran sebagai variabel (X1), motivasi belajar sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika sebagai variabel (Y). Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang berarti Terdapat Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan Realistics Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman. (2) nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang berarti Terdapat Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman. (3) nilai signifikansi sebesar 0,280 > 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, yang berarti Tidak Terdapat Interaksi Antara Pendekatan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman.