Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik
kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman tahun ajaran 2021/2022. Data
sampel yang digunakan adalah 61 peserta didik kelas V.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
“Quasi Eksperimental Design”. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel
bebas yaitu pendekatan pembelajaran sebagai variabel (X1), motivasi belajar
sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika
sebagai variabel (Y).
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai
signifikansi sebesar 0,007 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1
diterima yang berarti Terdapat Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual
Teaching Learning (CTL) dan Realistics Mathematics Education (RME) Terhadap
Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi
Matraman. (2) nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0.05 maka dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang berarti Terdapat Pengaruh Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara
07 Pagi Matraman. (3) nilai signifikansi sebesar 0,280 > 0.05 maka dapat
disimpulkan bahwa H0 diterima, yang berarti Tidak Terdapat Interaksi Antara
Pendekatan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Peserta Didik Kelas V SDN Utan Kayu Utara 07 Pagi Matraman.
|