Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis,‖ Pengaruh
Supervisi Akademik Kepala Sekolah (X1), Disiplin Kerja Guru (X2) ‖ Terhadap Kinerja Guru
(X3) Madrasah Ibtidaiyah (MI ) Se-Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif Deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan
metode analisis jalur (path analysis) sedangkan teknik pengumpulan data berupa kuesioner
dengan sampel 96 guru dari 96 populasi Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI ) Se -Kecamatan
Ciledug Kota Tangerang.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dari pembahasan penelitian, maka dapat
dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X3).
Koefisien regresi supervisi akademik kepala sekolah sebesar 0,735 ditunjukkan dengan
persamaan regresi X3 = 21,475 + 0,735X1 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,567.
Besarnya nilai F hitung adalah 162,898 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena
signifikansi kurang dari 0,05, dan Fhitung = 162,898 > Ftabel = 3,94, (2) Terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara disiplin kerja (X2) terhadap kinerja guru (X3). Koefisien
regresi disiplin kerja sebesar 0,805 ditunjukkan dengan persamaan regresi X3 = 23,255 +
0,805X2 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,319. Besarnya nilai F hitung adalah 103,890
dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena signifikansi kurang dari 0,05, dan Fhitung =
103,890 > Ftabel = 3,94, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi
akademik kepala sekolah (X1) terhadap disiplin kerja (X2), Koefisien regresi supervisi
akademik kepala sekolah sebesar 0,592 ditunjukkan dengan persamaan regresi X2 = 38,689 +
0,592X1 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,713. Besarnya nilai F hitung adalah 96,940
dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena signifikansi kurang dari 0,05, dan Fhitung =
96,940 > Ftabel = 3,94.
|