Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Program
Praktik Kerja Lapangan Kompetensi Seni Karawitan Betawi di SMK Negeri57
Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif deskrip
dengan menggunakan model CIPP (Conteks,Inpu,Process dan Product)dengan
berfokus pada (1) Bagaimana Konteks berkaitan dengan kebijakan Program
Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 57 Jakarta pada kompetensi keahlian seni karawitan Betawi (2) Bagaimana
Kesesuaian Input pada Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi keahlian seni
karawitan Betawi.(3) Bagaimana Kesesuaian Proses pada Program Praktik kerja
Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57
Jakarta pada kompetensi keahlian Seni Karawitan Betawi (4) Bagaimana
kesesuaian Produk Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi Keahlian Seni
Karawitan Betawi. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument
sekaligus pengumpul data. Proses pencatatan dan pengambilan data dilakukan
oleh peneliti melalu pengamatan langsung dan telaah data berupa dokumen, fotofoto,
rekaman suara hasil wawancara dengan informan. Dari hasil penelitian yang
telah dilakukan menunjukan bahwa (1) pelaksanaan praktik kerja lapangan pada
kompetensi seni karawitan betawi sesuai dengan permendikbud nomer 50 tahun
2022. (2) peserta PKL/Prakerin pada kompetensi keahlian seni karawitan betawi
melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan /praktik kerja industri dengan baik,
dan terdapatnya kesesuaian tempat praktik kerja lapangan dengan kompetensi
yang ada (3) sarana dan prasaran alat praktik sudah sesuai dengan yang ada di
industri, hanya saja perlu penambahan ruangan tempat praktik. (4). Perolehan
nilai praktik kerja lapangan yang baik, serta penampilan pertunjukan hasil
PKL/Prakerin dengan baik.
|