Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Program Praktik Kerja Lapangan Kompetensi Seni Karawitan Betawi di SMK Negeri57 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif deskrip dengan menggunakan model CIPP (Conteks,Inpu,Process dan Product)dengan berfokus pada (1) Bagaimana Konteks berkaitan dengan kebijakan Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi keahlian seni karawitan Betawi (2) Bagaimana Kesesuaian Input pada Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi keahlian seni karawitan Betawi.(3) Bagaimana Kesesuaian Proses pada Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi keahlian Seni Karawitan Betawi (4) Bagaimana kesesuaian Produk Program Praktik kerja Lapangan/Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 57 Jakarta pada kompetensi Keahlian Seni Karawitan Betawi. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data. Proses pencatatan dan pengambilan data dilakukan oleh peneliti melalu pengamatan langsung dan telaah data berupa dokumen, fotofoto, rekaman suara hasil wawancara dengan informan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa (1) pelaksanaan praktik kerja lapangan pada kompetensi seni karawitan betawi sesuai dengan permendikbud nomer 50 tahun 2022. (2) peserta PKL/Prakerin pada kompetensi keahlian seni karawitan betawi melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan /praktik kerja industri dengan baik, dan terdapatnya kesesuaian tempat praktik kerja lapangan dengan kompetensi yang ada (3) sarana dan prasaran alat praktik sudah sesuai dengan yang ada di industri, hanya saja perlu penambahan ruangan tempat praktik. (4). Perolehan nilai praktik kerja lapangan yang baik, serta penampilan pertunjukan hasil PKL/Prakerin dengan baik.