Program tahfiz Al Qur’an di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah
program unggulan dan telah dilaksanakan sebelas tahun, akan tetapi tidak dilakukan
evaluasi yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan perbaikan. Hal ini menyebabkan
program tahfiz belum mendapatkan hasil maksimal, maka dari itu diadakan evaluasi
implementasi terhadap program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.
Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al
Islamiyyah Karawang. Hasil penulisan ini diharapkan dijadikan sebagai acuan bagi
lembaga dalam mengembangkan program. Penulisan ini semoga bisa memberi dampak
yang baik bagi perbaikan perencanaan program.
Penulisan ini menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process,
product). Model evaluasi CIPP dikembangkan oleh Stufflebeam dan kawan-kawan.
Model evaluasi CIPP mengacu pada target evaluasi, yang hanya merupakan langkahlangkah
dalam prosedur keseluruhan program.
Penulisan ini memakai desain penulisan evaluatif dengan pendekatan kualitatifdeksriptif.
Desain penulisan ini digunakan dengan pertimbangan dalam proses evaluasi
program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.
Tujuan penulisan evaluasi implementasi program tahfiz Al Qur’an di SMPIT Al
Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah antara lain : 1) Untuk mengevaluasi implementasi
konteks kebijakan program tahfiz Al Qur’an, 2) Untuk mengevaluasi implementasi input
program tahfiz Al Qur’an dan bisa dijadikan bahan evaluasi sekolah dalam menetapkan
standar baru di input program tahfiz Al Qur’an, 3) Untuk mengevaluasi implementasi
proses program tahfiz Al Qur’an. 4) Untuk mengevaluasi dalam implementasi produk
program tahfiz Al Qur’an, 5) Untuk mengevaluasi dampak program tahfiz Al Qur’an bagi
siswa.
Kesimpulan dari penulisan ini adalah ada yang harus diperbaiki oleh pihak
sekolah di berbagai aspek ditinjau dari model evaluasi konteks, input, proses, produk.
Rekomendasi yang dapat disampaikan dalam penulisan ini untuk sekolah adalah agar
sekolah terus memperbaiki keempat aspek tersebut demi tercapainya tujuan dari program
tahfiz.
|