Abstrak  Kembali
Program tahfiz Al Qur’an di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah program unggulan dan telah dilaksanakan sebelas tahun, akan tetapi tidak dilakukan evaluasi yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan perbaikan. Hal ini menyebabkan program tahfiz belum mendapatkan hasil maksimal, maka dari itu diadakan evaluasi implementasi terhadap program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Hasil penulisan ini diharapkan dijadikan sebagai acuan bagi lembaga dalam mengembangkan program. Penulisan ini semoga bisa memberi dampak yang baik bagi perbaikan perencanaan program. Penulisan ini menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Model evaluasi CIPP dikembangkan oleh Stufflebeam dan kawan-kawan. Model evaluasi CIPP mengacu pada target evaluasi, yang hanya merupakan langkahlangkah dalam prosedur keseluruhan program. Penulisan ini memakai desain penulisan evaluatif dengan pendekatan kualitatifdeksriptif. Desain penulisan ini digunakan dengan pertimbangan dalam proses evaluasi program tahfiz di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Tujuan penulisan evaluasi implementasi program tahfiz Al Qur’an di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang adalah antara lain : 1) Untuk mengevaluasi implementasi konteks kebijakan program tahfiz Al Qur’an, 2) Untuk mengevaluasi implementasi input program tahfiz Al Qur’an dan bisa dijadikan bahan evaluasi sekolah dalam menetapkan standar baru di input program tahfiz Al Qur’an, 3) Untuk mengevaluasi implementasi proses program tahfiz Al Qur’an. 4) Untuk mengevaluasi dalam implementasi produk program tahfiz Al Qur’an, 5) Untuk mengevaluasi dampak program tahfiz Al Qur’an bagi siswa. Kesimpulan dari penulisan ini adalah ada yang harus diperbaiki oleh pihak sekolah di berbagai aspek ditinjau dari model evaluasi konteks, input, proses, produk. Rekomendasi yang dapat disampaikan dalam penulisan ini untuk sekolah adalah agar sekolah terus memperbaiki keempat aspek tersebut demi tercapainya tujuan dari program tahfiz.