Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah melakukan evaluasi kinerja guru dan dampaknya terhadap mutu pendidikan di SDN Tajur 2 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Kinerja guru yang dievaluasi dalam penelitian ini mencakup: (1) Pemahaman guru terhadap substansi keilmuan bidang studi yang diampu; (2) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan. Metode evaluasi yang digunakan adalah Metode Kesenjangan atau Discrepancy. Analisis dilakukan secara kualitatif-kuantitatif. Hasil evaluasi menunjukkan: (1) Pemahaman guru terhadap substansi keilmuan bidang studi yang diampu dijabarkan dalam 3 (tiga) indikator menunjukkan: (a) Guru memahami materi ajar yang terdapat dalam kurikulum sekolah memiliki prosesntase kesenjangan sebesar 15,94%. dengan jumlah kesenjangan 66 dari total kesenjangan 414, tingkat kesenjangan yang rendah; (b) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan bidang studi yang diampu memiliki prosentase kesenjangan 24,88% dengan jumlah kesenjangan sebesar 103 dari total kesenjangan 414, memiliki tingkat kesenjangan rendah; dan (c) Guru memahami konsep antara mata pelajaran terkait dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari memiliki prosentase kesenjangan sebesar 26,57% dengan jumlah kesenjangan 110 dari total kesenjangan 414, berada dalam kategori Sedang. Kemudian (2) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan memiliki tingkat kesenjangan yang Sedang dengan prosentase sebesar 32,61% dengan jumlah kesenjangan 135 dari total kesenjangan 414.