Tujuan penelitian adalah melakukan evaluasi kinerja guru dan dampaknya terhadap
mutu pendidikan di SDN Tajur 2 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Kinerja guru
yang dievaluasi dalam penelitian ini mencakup: (1) Pemahaman guru terhadap
substansi keilmuan bidang studi yang diampu; (2) Pemahaman guru terhadap
langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan
memperdalam pengetahuan. Metode evaluasi yang digunakan adalah Metode
Kesenjangan atau Discrepancy. Analisis dilakukan secara kualitatif-kuantitatif.
Hasil evaluasi menunjukkan: (1) Pemahaman guru terhadap substansi keilmuan
bidang studi yang diampu dijabarkan dalam 3 (tiga) indikator menunjukkan: (a)
Guru memahami materi ajar yang terdapat dalam kurikulum sekolah memiliki
prosesntase kesenjangan sebesar 15,94%. dengan jumlah kesenjangan 66 dari total
kesenjangan 414, tingkat kesenjangan yang rendah; (b) Pemahaman guru terhadap
langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan
memperdalam pengetahuan bidang studi yang diampu memiliki prosentase
kesenjangan 24,88% dengan jumlah kesenjangan sebesar 103 dari total kesenjangan
414, memiliki tingkat kesenjangan rendah; dan (c) Guru memahami konsep antara
mata pelajaran terkait dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan
sehari-hari memiliki prosentase kesenjangan sebesar 26,57% dengan jumlah
kesenjangan 110 dari total kesenjangan 414, berada dalam kategori Sedang.
Kemudian (2) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah penelitian dan kajian
kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan memiliki tingkat
kesenjangan yang Sedang dengan prosentase sebesar 32,61% dengan jumlah
kesenjangan 135 dari total kesenjangan 414.
|