Tujuan penelitian adalah memperoleh informasi yang akurat tentang kesenjangan dan
ketimpangan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru di SDN Keagungan 03 Pagi
Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Kompetensi Pedagogik yang dievaluasi dalam
penelitian mencakup: (1) Pemahaman guru dalam menyusun administrasi persiapan
perangkat pembelajaran; (2) Pemahaman guru terhadap substansi keilmuan bidang studi
yang diampu; (3) Pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan
menyenangkan; (4) Pemahaman guru dalam menyususn evaluasi dan penilaian terhadap
peserta didik. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru SDN Keagungan 03 Pagi.
Metode evaluasi dilakukan secara kualitatif-evaluatif. Model yang digunakan adalah
Model Evaluasi Ketimpangan (Discrepancy Evaluation Model).
Hasil evaluasi menunjukkan: (1) Pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik di
SDN Keagungan 03 Pagi Kecamatan Tamansari yang dijabarkan dalam 4 (empat)
indikator menunjukkan: (a) Guru memahami persiapan administrasi pembelajaran
memiliki prosentase kesenjangan sebesar 19,73% dengan jumlah kesenjangan 29 dari
total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori tingkat
kesenjangan yang rendah; (b) Pemahaman guru terhadap materi, struktur, dan konsep
pembelajaran memiliki prosentase kesenjangan sebesar 22,45% dengan jumlah
kesenjangan 33 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk
dalam kategori tingkat kesenjangan yang rendah; (c) Pemahaman guru dalam pelaksanaan
pembelajaran yang baik memiliki prosentase sebesar 38,10% dengan jumlah kesenjangan
56 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori
tingkat kesenjangan sedang; dan (d) Pemahaman guru dalam menyusun evaluasi dan
penilaian memiliki persentase kesenjangan sebesar 19,73% dengan jumlah kesenjangan
29 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori
tingkat kesenjangan rendah. (2) Pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik di
SDN Keagungan 03 Pagi secara global diperoleh prosentase kesenjangan sebesar 22%
dengan jumlah kesenjangan 147 dari 672. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk
dalam kategori rendah. Kesimpulannya bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru
di SDN Keagungan 03 Pagi dapat dikategorikan baik dengan kesenjangan atau
ketimpangan rendah.
|