Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah memperoleh informasi yang akurat tentang kesenjangan dan ketimpangan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru di SDN Keagungan 03 Pagi Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Kompetensi Pedagogik yang dievaluasi dalam penelitian mencakup: (1) Pemahaman guru dalam menyusun administrasi persiapan perangkat pembelajaran; (2) Pemahaman guru terhadap substansi keilmuan bidang studi yang diampu; (3) Pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan; (4) Pemahaman guru dalam menyususn evaluasi dan penilaian terhadap peserta didik. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru SDN Keagungan 03 Pagi. Metode evaluasi dilakukan secara kualitatif-evaluatif. Model yang digunakan adalah Model Evaluasi Ketimpangan (Discrepancy Evaluation Model). Hasil evaluasi menunjukkan: (1) Pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik di SDN Keagungan 03 Pagi Kecamatan Tamansari yang dijabarkan dalam 4 (empat) indikator menunjukkan: (a) Guru memahami persiapan administrasi pembelajaran memiliki prosentase kesenjangan sebesar 19,73% dengan jumlah kesenjangan 29 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori tingkat kesenjangan yang rendah; (b) Pemahaman guru terhadap materi, struktur, dan konsep pembelajaran memiliki prosentase kesenjangan sebesar 22,45% dengan jumlah kesenjangan 33 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori tingkat kesenjangan yang rendah; (c) Pemahaman guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang baik memiliki prosentase sebesar 38,10% dengan jumlah kesenjangan 56 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori tingkat kesenjangan sedang; dan (d) Pemahaman guru dalam menyusun evaluasi dan penilaian memiliki persentase kesenjangan sebesar 19,73% dengan jumlah kesenjangan 29 dari total kesenjangan 147. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori tingkat kesenjangan rendah. (2) Pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik di SDN Keagungan 03 Pagi secara global diperoleh prosentase kesenjangan sebesar 22% dengan jumlah kesenjangan 147 dari 672. Prosentase kesenjangan tersebut termasuk dalam kategori rendah. Kesimpulannya bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru di SDN Keagungan 03 Pagi dapat dikategorikan baik dengan kesenjangan atau ketimpangan rendah.