Penelitian ini berttujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Dan Meaningfull Instructional Design (MID) Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Serua Indah 01. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kela VA dan V B di SDN Serua Indah 01 Tangerang Selatan. Sampel yang diteliti sebanyak 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster sampling dengan metode quasi eksperimen design. Uji validitas instrument angket menggunakan product moment di dapat 17 angket valid dan 3 angket tidak valid. Uji realibilitas angket menggunakan korelasi alpha Cronbach diperoleh nilai rhitung sebesar 0,770 artinya tinggi. Uji validitas isntrumen soal tes hasil belajar IPS menggunakan point biserial di dapat 25 soal valid dan 15 soal tidak valid. Uji realibilitas soal mengunakan KR20 diperoleh diperoleh nilai rhitung sebesar 0,94 artinya sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan ANNAVA dua jalur diperoleh thitung = 10,71 pada taraf signifikansi 0,05 ttabel
= 4,03 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis kedua menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung = 20,46 pada taraf signifikansi 0,05 ttabel = 4,03 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis ketiga menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung Interaksi (I) = 3,80 pada taraf signifikansi 0,05 ttabel = 4,03 karena thitung > ttabel maka Ho diterima.
|