Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dimasa pandemi Covid-19
di sekolah dasar negeri Gugu 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan dalam aspek
merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai atau
mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Partisipan penelitian sebanyak 65 guru. Teknik pengumpulan data melalui pnyebaran angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persentase. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data menggunakan tiangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dimasa pandemi diperoleh dengan nilai persentase sebesar 72,75%untuk aspek merencanakan pembelajaran 79,85% untuk aspek melaksanakan pembelajaran, dan aspek menilai pembelajaran diperoleh nilai 69,54%. Ketiga aspek merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran guru ndikategorikan sedang atau cukup baik. Untuk meningkatkan kinerja guru dimasa pandemi ini, guru perlu menerapkan strategi seperti meningkatkan inovasi dan kreativitas saat pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa bosan siswa sebelum pembelajarn dimulai seperti memberikan video yang menarik sehingga siswa akan lebihbersemangat.
|