Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan membuktikan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, ketahanmalangan, dan efikasi diri terhadap profesionalitas guru di Sekolah Dasar Islam Al Azhar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan instrumen berupa kuisioner dalam bentuk model skala likert. Kuisioner dalam bentuk google form diberikan kepada sejumlah guru di SD Islam Al Azhar yaitu SDIA 2 Pasar Minggu, SDIA 4 kebayoran Lama, SDIA 8 Kembangan, SDIA 15 Pamulang, SDIA 17 Bintaro, dan SDIA 61 Summarecon Serpong sebanyak 160 sampel. Metode analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap ketahanmalangan sebesar 30,1%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap efikasi diri sebesar 28,3%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan ketahanmalangan terhadap efikasi diri sebesar 57,5%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru sebesar 24,5%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan ketahanmalangan terhadap profesionalitas guru sebesar 53,7%, dan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan efikasi diri guru terhadap profesionalitas guru sebesar 44%. Saran yang diberikan untuk penelitian ini meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif yang sesuai dengan kondisi, meningkatkan ketahanmalangan, dan efikasi diri dalam rangka peningkatan profesionalitas guru.