Tesis ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan membuktikan pengaruh
gaya kepemimpinan kepala sekolah, ketahanmalangan, dan efikasi diri terhadap
profesionalitas guru di Sekolah Dasar Islam Al Azhar.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan instrumen
berupa kuisioner dalam bentuk model skala likert. Kuisioner dalam bentuk google form
diberikan kepada sejumlah guru di SD Islam Al Azhar yaitu SDIA 2 Pasar Minggu, SDIA
4 kebayoran Lama, SDIA 8 Kembangan, SDIA 15 Pamulang, SDIA 17 Bintaro, dan
SDIA 61 Summarecon Serpong sebanyak 160 sampel. Metode analisis data
menggunakan Path Analysis.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap ketahanmalangan sebesar 30,1%, terdapat
pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap
efikasi diri sebesar 28,3%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
ketahanmalangan terhadap efikasi diri sebesar 57,5%, terdapat pengaruh langsung positif
dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru sebesar
24,5%, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan ketahanmalangan terhadap
profesionalitas guru sebesar 53,7%, dan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
efikasi diri guru terhadap profesionalitas guru sebesar 44%. Saran yang diberikan untuk
penelitian ini meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif yang sesuai
dengan kondisi, meningkatkan ketahanmalangan, dan efikasi diri dalam rangka
peningkatan profesionalitas guru.
|