Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis adanya hubungan self efficacy dan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Populasi targer sebanyak 463 siswa. Selanjutnya populasi tersebut dihomogenkan terlebih dahulu sehingga sampel yang diambil adalah siswa sebanyak 215 siswa. Dalam menentukan sampel penulis menggunakan teknis acak sederhana (simple random sampling). Uji coba instrumen diberikan kepada 50 siswa, yang diambil di luar sampel penelitian. Uji untuk mengukur validitas instrumen dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Kriteria pengujian validitas adalah rhitung > rkritis pada 𝛼 (0,05) = 0,273 maka intrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga semua instrumen dikatakan valid. Sedangkan uji coba reliabilitas kriteria yang digunakan nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dikatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel self efficacy rhitung = 0,924, untuk variabel motivasi belajar rhitung = 0,906, dan untuk variabel KPMM rhitung = 0,633. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan Self Efficacy (X1) dengan KPMM (Y) dengan persamaan Y = 47,981 + 0,35X1. Dengan koefisien korelasi ry1= 0,458 serta koefisien jalur 𝜌y1 = 0,21. Kedua : terdapat hubungan positif Motivasi Belajar (X2) dengan KPMM (Y) dengan persamaan regresi Y = 47,019 + 0,367X2. Dengan koefisien korelasi 0,485, serta koefisien jalur 𝜌y2 = 0,235. Ketiga : terdapat hubungan positif Self Efficacy (X1) dan Motivasi Belajar (X2) dengan KPMM (Y) dengan persamaan regresi Y = 37,82 + 0,223X1 + 0,26X2 dengan koefisien korelasi 0,548 serta koefisien jalur 𝜌y.12 = 0,30. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara self efficacy dan motivasi belajar secara sendiri maupun bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan KPMM, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan berbagai kemampuan matematis siswa.