Abstrak  Kembali
Pembelajaran konvensional di era sekarang dirasa kurang relevan dengan sarana dan prasarana yang modern. Penunjang hasil pembelajaran sudah sangat banyak dan beragam salah satunya media pembelajaran daring (e-learning) untukmengatasi berbagai permasalahan seperti keterbatasan ruang dan waktu. Maka peran media sangat dibutuhkan. E-learning yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu video pembelajaran, e-learning yang memudahkan guru untuk membuat dan mengelola kelas virtual. Pembelajaran yang sesuai menggunakan video pembelajaran adalah model flipped classroom yaitu pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan menuntut siswa lebih mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan sebuah rancangan pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan menggunakan model Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa, (2) Mengetahui keefektifan dari penggunaan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom pada mata pelajaran matematika. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yaitu penelitiaan yang bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam teori dari suatu ilmu pengetahuan tertentu yaitu penelitiaan yang bertujuan untuk mengembangkan, menggunakan jenis eksperimen dengan One Groups Pretest-Posttest Design dan kelas XII Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen karena hanya menggunakan satu kelas. Desain penelitian ini terdapat pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh metode flipped classrom menggunakan video pembelajaran mata pelajaran peluang kelas XII Akuntansi di SMK Ekonomika Depok. Pemilihan sampel dengan cara menggunakan teknik sampling purposive. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan pretest, posttest dan angket untuk memperoleh respon siswa terhadap media pembelajaran. Untuk uji validitas kriteria pengujian adalah rhitung > rkritis pada 𝛼 (0,05) maka intrumen dikatakan valid. Sehingga pembelajaran metode flipped classroom menggunakan video pembelajaran dapat dikatakan efektif.