Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SDN Cilandak Timur 03 Pasar Minggu Jakarta Selatan. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan efektivitas dalam pembelajaran. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Form dan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama nilai koefisien korelasi antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar IPS siswa diperoleh sig-value 0,111 > 0,05 dengan demikian H0 diterima dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,889 dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar IPS siswa dengan derajat hubungan korelasi rendah dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis kedua hasil koefisien korelasi diperoleh sig-value 0,021 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,898 dapat dinyatakan bahwa terdapat terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa mempunyai derajat hubungan korelasi sedang dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis ketiga nilai koefisien korelasi sig F 0,025 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,451 dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan derajat hubungan kuat dengan arah positif, sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,179 artinya kontribusi kemampuan penalaran matematis 17,9% dapat diprediksi berdasarkan penggunaan google classroom dan motivasi belajar, sedangkan sisanya yaitu 82,1% dapat diprediksi dari faktor yang lain.