Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, di mana peneliti bermaksud
mengumpulkan data tentang implementasi kebijakan. Pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis
data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Masalah yang dihadapi dalam
implementasi penilaian autentik yaitu dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian
dengan karakteristik peserta didik, cara mengatasinya guru harus menyelami pribadi
peserta didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah
cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan
tugas yang diberikan oleh guru. Masalah kedua, prosedur penilaian lebih rumit karena
sistem pembelajaran jarak jauh. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian
autentik dalam pembelajaran Matematika antara lain; Diselenggarakannya banyak
pelatihan dengan metode daring, memperoleh pendampingan dari Kepala Sekolah,
Dinas Kota, dan Dinas Provinsi.
Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat
meningkatkan kualitas dan kreativitas seorang guru dengan memperluas keilmuan
tentang penggunaan media variatif dalam metode pembalajaran jarakl jauh sehingga
kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Serta dapat tercapai
tujuan pembelajaran yang diharapkan.
|