Abstrak  Kembali
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, di mana peneliti bermaksud mengumpulkan data tentang implementasi kebijakan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Masalah yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik peserta didik, cara mengatasinya guru harus menyelami pribadi peserta didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru. Masalah kedua, prosedur penilaian lebih rumit karena sistem pembelajaran jarak jauh. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran Matematika antara lain; Diselenggarakannya banyak pelatihan dengan metode daring, memperoleh pendampingan dari Kepala Sekolah, Dinas Kota, dan Dinas Provinsi. Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas seorang guru dengan memperluas keilmuan tentang penggunaan media variatif dalam metode pembalajaran jarakl jauh sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Serta dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.