Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi Program Sekolah Penggerak di SDN Karawaci 3, pola monitoring dan evaluasinya serta peluang dan tantangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah SDN Karawaci 3. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, kajian dokumen dan wawancara. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pertama, SDN Karawaci 3 dapat mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak pada tahun pertama yang ditandai dengan penyusunan KOSP yang didalamnya memuat visi, misi tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru dengan pendampingan pelatih ahli dan telah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas I dan IV. Kedua, progress dari implementasi program ini selalu dimonitor dan dievaluasi secara berkala, melalui program PMO secara internal dan oleh LPMP Banten secara eksternal. Ketiga, Dengan Implementasi Program ini terdapat peluang meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah dan Guru dengan pelatihan dan pendampingan Pelatih Ahli, mempercepat digitalisasi Sekolah. Dengan pembelajaran intrakurikuler yang terdiferensiasi, siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep, dan guru leluasa untuk memilih perangkat ajar. Tantangannya adalah belum adanya pemahaman yang komprensif bagi sebagian guru tentang konsep Program Sekolah Penggerak dan kurikulum merdeka belajar. Secara keseluruhan Implementasi Program Sekolah Penggerak di SDN Karawaci 3 pada tahun pertama terlah berjalan dengan sesuai dengan ketentuan.