Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi Program
Sekolah Penggerak di SDN Karawaci 3, pola monitoring dan evaluasinya serta peluang
dan tantangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya
adalah SDN Karawaci 3. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, kajian
dokumen dan wawancara. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa : pertama, SDN Karawaci 3 dapat mengimplementasikan
Program Sekolah Penggerak pada tahun pertama yang ditandai dengan penyusunan
KOSP yang didalamnya memuat visi, misi tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru dengan pendampingan pelatih ahli dan
telah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar untuk siswa kelas I dan IV.
Kedua, progress dari implementasi program ini selalu dimonitor dan dievaluasi secara
berkala, melalui program PMO secara internal dan oleh LPMP Banten secara eksternal.
Ketiga, Dengan Implementasi Program ini terdapat peluang meningkatkan kompetensi
Kepala Sekolah dan Guru dengan pelatihan dan pendampingan Pelatih Ahli,
mempercepat digitalisasi Sekolah. Dengan pembelajaran intrakurikuler yang
terdiferensiasi, siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep, dan guru leluasa
untuk memilih perangkat ajar. Tantangannya adalah belum adanya pemahaman yang
komprensif bagi sebagian guru tentang konsep Program Sekolah Penggerak dan
kurikulum merdeka belajar. Secara keseluruhan Implementasi Program Sekolah
Penggerak di SDN Karawaci 3 pada tahun pertama terlah berjalan dengan sesuai dengan
ketentuan.
|