Kebiasaan Baru Pasca Pandemi Covid 19 di SD Negeri Taman Sukarya 1 Kota
Tangerang. Masa Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan kurikulum, karena
pada masa Covid -19 pembelajaran dilakukan melalui daring dan luring.
Metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan
data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada komite sekolah, guru, orang tua dan
siswa SD Negeri Taman Sukarya 1 Kota Tangerang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi context Kurikulum 2013 pada
kebiasaan baru pasca pandemi covid -19 di SD Negeri Taman Sukarya 1 Kota
Tangerang yaitu dalam aspek context evaluation, yang dilakukan terhadap hal-hal yang
berkaitan dengan visi misi guru menyatakan sangat paham terhadap visi misi sekolah,
dimana visi misi tersebut sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Implementasi
input Kurikulum 2013 pada kebiasaan baru pasca pandemi covid -19 di SD Negeri
Taman Sukarya 1 Kota Tangerang yaitu adanya sumber daya yang memadai.
Implementasi process Kurikulum 2013 pada kebiasaan baru pasca pandemi covid -19 di
SD Negeri Taman Sukarya 1 Kota Tangerang selama pelaksanaan pembelajaran siswa
merasakan perbedaan selama pelaksanaan pembelajaran pada masa kebiasaan baru
pasca pandemi covid-19, sehingga dilaksanakan perubahan-perubahan sesuai dengan
kebijakan pemerintah pada masa pandemi. Implementasi product Kurikulum 2013 pada
kebiasaan baru pasca pandemi covid -19 di SD Negeri Taman Sukarya 1 Kota
Tangerang yaitu hasil KBM siswa sudah melebihi KKM dan dapat lebih belajar
mandiri.
|